Senin, 29 Oktober 2012

manajemen perusahaan dan kewirausahaan

a. manajemen dan fungsi manajer

  • menurut G.Terry menejemen adalah pencapaian tujuan yang telah ditetapakan dahulu dengan mempergunakan kegiatan orang lain.
  • manajer adalah semua orang yang mempergunakan semua faktor produksi, terutama tenaga kerja untuk mencapai tujuan yanag telah ditentukan dengan melakukan beberapa tugas dan fungsi tertentu.
  • tugas  atau fungsi tiap-tiap manajer adalah sama hanya berbeda pada skop atau tingkat luasnya.
  • tingkatan manajer: top manajer, manajer tingkat menengah, manajer tingkat pertama
b. sarana manajemen: 6m:
  1. men 
  2. money
  3. material
  4. machine
  5. methode
  6. market
c. fungsi-fungsi manajer atau unsur-unsur manajer
  1. g.r terry: planning, organizing, actuating, controlling.
  2. henry fayol: planning, organizing,  commanding, coordinating, controlling.
  3. harold koontz & cyril o'donnel : planning, organizing, staffing, directing, controlling.
  4. l. gulick : planning, directing, coordinating, rueporting, budgeting
planning
adalah penentuan dan pemilihan tujuan serta perumusan tindakan-tindakan yang perlu dilakukan untuk mncapainaya. setiap perencanaan yang baik memuat 5w+h
sifat-sifat perencanaan
  1. kata-katanya harus jelas, tegas mudah dimengerti serta tidak meniimblkan salah tafsir
  2. fleksiibel, bisa berubah tergantung keadaan
  3. rasioanal dan objektif 
  4. kontinyu
tahap-tahap penyusunaan perencanaan
  1. menetapkan  tujuan
  2. membuat hipotesis
  3. mencari alternatif-alternatif
  4. menganalisis alternatif untuk mengetahui keuntungan dan kerugian
  5. memilih alternatif yang sesuai
  6. mengungkapakan hal-hal yang diperlukan, misal masalah pegawai, penempatan mesin, 
organizing
yaitu fungsi pimpinan dalam mengatur kegiatan yang dilakukan untuk mencapai tujuan, mengadakan pembagian kerja, menetapakan orang-orang yang berwenang dan batas kewenanganya

dalam organizing pimpinan melakukan 3 hal yaitu:
  1. merancang struktur organisasi
  2. mengadakan departemenisasi
  3. mengadakan pendelegasian
dasar-dasar dalam melakukan departemenisasi
  1. jumlah orang
  2. fungsi
  3. teritorial
  4. produksi
  5. pelanggan
  6. proses kerja
c. staffing
yaitu tugas pimipinan dalam mengisi lowongan yang tersedia agar diisi oleh orang yang tepat. the right man on the right place.
cakupan staffing:

  1. memberi tahu lowngan
  2. menyeleksi pelamar
  3. mentraining yang diterima sehingga mampu melaksanakan tugasnya
rasionalisasi atau penyehatan perusahaan melalui:
  1. penerimaan tenaga kerja didasrkan atas kebutuhan bukan kepada hubungan keluarga
  2. pengisisan jabatan yang kosong melalui:
  • rotasi/mutasi: pemindahan karyawan dari jabatan satu ke yang lain namun tetap sederajat
  • promosi: peningkatan jabatan ke tingkat yang lebih tinggi
  • demosi: penurnan jabatan ke tingkat yang lebih rendah
d. directing
yaitu fungsi menuntun menggerakan memberi petunjuk kepada bawahan tentang apa yang harus dikerjakan dan yang ditinggalkan.
cara yang ditempuh dengan perintah yang mengandung 4 unsur
  1. resmi atau tidak 
  2. dari atasan ke bawahan
  3. bertindak atau tidak bertindak
  4. dalam rangka pencapaian tujuan
cara memerintah:
  1. umum,secara garis besar
  2. khusus, dengan detail 
  3. tertulis, untuk menghindari salah tafsir untuk karyawan banyak
  4. lisan, untuk pekerjaan yang sederhana
prinsip-prinsip perintah
  1. harus jelas
  2. sepesifik
  3. kepada orang yang tepat
  4. positif
  5. tidak bertentangan dengan norma
e. controling
yaitu suatu proses untuk mengamati pekerjaan yang telah dilakukan, menilainya, mengoreksi, sehingga pelaksanaan tujuan sesuai dengan rencana yang telah dibuat.
prosedur pengawasan:
  1. menetapkan alat ukur atau standar
  2. menilai pekerjaan
  3. mengoreksi pekerjaan
bidang-bidang pengawasan:
  1. terhadap manajemen personalia
  2. terhadap produk hasil pekerjaan
  3. terhadap keuangan
  4. terhadap hasil pekerjaan secara keseluruhan
  5. terhadap mutu manajemen

Tidak ada komentar:

Posting Komentar